3 Cara Menghindari Penipuan Di Internet Yang Tak Semua Orang Tahu


3 Cara Menghindari Penipuan Di Internet Yang Tak Semua Orang Tahu

Mungkin sobat pernah mendengar atau mengalami sendiri penipuan di internet dari mulai tidak dikirimnya barang pesanan padahal kita telah melakukan pembayaran dan pencurian data pribadi yang dilakukan oleh hacker. Semua hal tersebut sebenarnya memang memerlukan kehati-hatian kita dan ketelitian kita agar terhindar dari penipuan di internet.
Aspek kepercayaan adalah hal utama yang wajib terjalin antara penjual dan pembeli,pastikan bahwa sobat benar-benar mendapatkan data-data si penjual atau si pembeli sebelum melakukan transaksi secara online,kenapa saya melibatkan pembeli ? karena tidak hanya si penjual saja yang berpotensi penipuan tetapi si pembeli pun bisa saja melakukan hal yang sama.(Ingat kawan ! , menipu adalah hal yang hina dan kalaupun kau mendapatkan untung,tapi camkan ini "untung tak seberapa tapi dosanya sangat luar biasa,bertaubatlah sebelum terlambat").

Bagaimana seorang hacker dapat mencuri data pribadi apalagi data yang terkait data kartu kredit atau perbankan ?
Di dunia maya, pencurian data seperti ini lebih dikenal dengan sebutan teknik Phishing. Teknik ini mencuri data yang kita ketikkan di sebuah situs samaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga sangat mirip sekali dengan situs aslinya. Data-data yang dicuri,biasanya :
  • Username / Nomor Kartu Kredit
  • Password / PIN / Security Number
Perhatikan perbedaan gambar di bawah ini :
 

3 Cara Menghindari Penipuan Di Internet Yang Tak Semua Orang Tahu
Gambar 1 : Situs Asli
3 Cara Menghindari Penipuan Di Internet Yang Tak Semua Orang Tahu
Gambar 2 : Situs Samaran
Gambar 1 yang merupakan situs asli menggunakan https yang tertera di address bar browser internet seperti firefox,opera atau internet explorer ,https berarti Hypertext Transfer Protocol Securre ; bentuk protokol yang aman karena segala perintah dan data yang lewat protokol ini akan di encrypt dengan berbagai format sehingga sulit untuk dibajak isinya maupun dilihat perintah-perintah yang dieksekusi. Perhatikanlah hal ini agar sobat terhindar dari pencurian data melalui teknik phishing.

Gambar 2 merupakan situs samaran yang tidak memakai platform https yang berarti transfer protokol ini tidak memakai sistem encrypt data sehingga situs ini sengaja dibuat agar pengunjung yang tidak teliti mengisikan data-data penting mereka sehingga nantinya data-data ini direkam dalam database yang telah disiapkan untuk menjaring para korbannya.

Dengan mengetahui hal-hal diatas, kita tidak perlu takut dalam melakukan transaksi secara online karena internet diciptakan untuk menunjang kebutuhan secara luas dan instan,sehingga siapapun,kapanpun,dan dimanapun transaksi dapat dilakukan dengan mudah.

3 cara untuk menghindari penipuan di internet :
  1. Telitilah sebelum membeli. Teliti semua detail spesifikasi barang pesanan, tanya detail informasinya,tanya data si penjual atau si pembeli, pakailah rekening bersama atau situs yang menyediakan layanan jaminan keamanan dalam bertransaksi. Di indonesia sendiri situs layanan yang terpercaya adalah ipaymu, baca lebih jelas tentang situs ipaymu disini. Untuk alat pembayaran atau alat penerima bayaran dari seluruh dunia,anda dapat memanfaatkan skrill.
  2. Perhatikan protokol security di address bar browser.
  3. Apabila memungkinkan, ajak si pembeli atau si penjual untuk melakukan COD ( Cash On Delivery ).
Mungkin itu yang bisa saya bagikan kepada sobat semua,semoga bermanfaat.



 
3 Cara Menghindari Penipuan Di Internet Yang Tak Semua Orang Tahu
Item Reviewed: 3 Cara Menghindari Penipuan Di Internet Yang Tak Semua Orang Tahu 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Saya sudah kena tipu.data pribadi sudah di ambil untuk buat apply payoneer.saya sudah hubungi costumer service untuk mengecek dan memblokir akun payoneer"0976304880"yang memakai data pribadi saya.tapi jawaban dari petugas customer service nya kurang memuaskan.sekarang akun payoneer itu digunakan oleh orang israel.saya tidak tahu tentang itu sebelumnya.saya sudah lapor polisi tapi polisi menyalahkan saya kenapa dengan mudah memberikan data pribadi pada orang amerika itu.

Ikut prihatin untuk mbak lili, tapi mengenai apa itu payoneer? payoneer adalah alat untuk menerima pembayaran dan sekaligus melakukan pembayaran.sumber dana dari payoneer adalah dari kartu kredit yang dihubungkan dengan akun payoneer dan juga paypal. Ada baiknya apabila mbak lili mempunyai kartu kredit yang terintegrasi dengan payoneer untuk segera menutup kartu kredit tersebut dan juga apabila ada akun paypal maka baiknya mbak segera memperbarui atau memutus koneksi dengan payoneer dari akun paypal anda.

semoga bermanfaat

Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!