Industri Kreatif Dengan Mesin Bubut Kayu Buatan Sendiri


membuat mesin bubut sendiri
Mesin bubut kayu buatan sendiri saya bilang luar biasa karena dengan alat yang sederhana dan pastinya murah kita dapat memulai untuk mulai di bisnis kreatif.

Bisnis Kreatif Adalah Solusi Cerdas
Ditengah ekonomi yang makin sulit,apalagi ketersediaan lapangan perkejaan yang makin sempit dibutuhkan para figur yang mempunyai ide-ide kreatif dan berfikir alternatif dalam menyikapi situasi ini. Sebutlah boneka kayu jepang yang makin memperluas pasar domestik,pembuatan boneka kayu ini melalui tahapan proses pembubutan kayu yang diambil dari kayu kemasan. Artistik,unik dan brilian, menjadi pengusaha di bidang kreatifitas adalah hal yang menyenangkan.Pastinya...Kali ini blogger indonesia ingin sekali berbagi trik membuat bubut kayu sendiri yang sumber artikel ini saya tuliskan dibawah postingan ini.

Proses Pembuatan Bubut Kayu

Bahan

  1. 2 buah bearing 628rs
  2. 2 buah baut 8mm dengan panjang 8cm
  3. 2 buah baut 8mm dengan panjang 5cm
  4. 3 buah long nut 8mm
  5. 4 buah mur 8mm
  6. 4 buah ring 8mm
  7. Multiplex atau papan kayu
  8. Sekrup
Alat


  1. Gergaji / mesin potong
  2. Obeng
  3. Penggaris
  4. Bor
  5. Holesaw 22mm ( Apa itu holesaw ? ), mungkin anda bisa beli holesaw di Tokopedia
Rancangan

Seluruh bagian bubut kayu ini dari multiplex 8mm-12mm, Mesin bor digunakan untuk memutar spindle sehingga kayu yang akan dibubut dapat ditempatkan di bagian ini. Tailstock bisa bergeser ke depan dan ke belakang untuk menyesuaikan panjang kayu yang akan dibubut.

Cara Membuat
I. Membuat Spindle
Tajamkan ujung baut 8mm dengan panjang 5cm dengan menggunkan mesin gerinda


Agar spindle dapat mencengkram kayu yang akan dibubut, gunakan long nut dan potong bagian ujungnya menggunakan gerinda sehingga menjadi 3 duri tajam.


Selanjutnya masukan long nut pada baut 8mm yang sudah ditajamkan bagian ujungnya. Masukan mur 8mm, lalu kunci dengan kencang hingga long nut tidak bisa diputar-putar lagi. Setelah itu kita perlu memotong kepala baut agar nanti spindle ini bisa dihubungkan pada bor listrik.


Untuk membuat rumah/dudukan spindle  siapkan multiplex dengan ukuran sekitar 10x10cm (ukuran bisa dirubah sesuai keinginan) dan bor bagian tengah menggunakan holesaw 22mm. Karena diameter bearing yang akan dimasukan adalah 24mm, kita perlu membuat lubang berukuran sedikit lebih kecil agar bearing tidak mudah lepas. Setelah dilubangi menggunakan holesaw 22mm, ganti mata bor dengan mata bor seperti pada gambar ini (saya tidak tahu namanya apa). Lalu bor sehingga lubang bagian depan sebesar ukuran bearing. Setelah itu masukan bearing dengan memukulnya dengan palu kayu agar tidak merusak bearing. Dengan teknik ini bearing akan masuk ke lubang dengan pas dan tidak mudah terlepas.


II. Membuat Tailstock
Cara untuk membuat tailstock kurang lebih sama seperti saat membuat spindle dan kita perlu membuat 2 buah lubang 8mm pada bagian bawah untuk baut pengunci.


III.Merakit



Selamat berkarya..



sumber : www.pakeotac.com
Industri Kreatif Dengan Mesin Bubut Kayu Buatan Sendiri
Item Reviewed: Industri Kreatif Dengan Mesin Bubut Kayu Buatan Sendiri 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Terima kasih sudah berbagi ilmu,sangat membantu dan kreatif.

Gan saya dah coba bikin mengutip dan memadukan berbagai bagian sambil mencari tipe apa yang cocok untuk mesin bubut kayu yang saya buat dan ternyata ketemu juga akhirnya saya pakai Motor pengerak bekas mesin pompa air dan dah mulai mencoba bikin beragam ukiran terutama dari kayu persegian dibikin tiang meja tamu serta coba bikin tempat ulekan dari papan mahoni tebal 4 cm hasilnya sama dengan yang di jual di pasar. Tanks Gan Atas Inspirasinya.
hasilnya lumayan bagus buat ukuran pemula

keren gan dan dah saya coba hasilnya oc cuma masih belum punya pasar hasil produksinya. tanks

makasih udah berbagi ilmu

Kalau pakai motor mesin jahit ada ide gan buat couple ke spindle nya? mau pakai pulley sayang PWM nya udah ada bawaan motor

kalau mau beli berapa harganya pak?
kirim ke tebing tinggi sumatra utara

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!